Skotel ala Ummu Shofi

Foto didapat dari Google. Ini kira-kira penampakan kalo udah dipotong

Skotel (atau schottel?) adalah salah satu makanan favorit anak-anak. Kalo lagi bikin ini, makannya lahap banget dan nambah berkali-kali. Untungnya bikinnya gampang dan jadinya banyak, jadi saya sering banget bikin skotel ini. Seneng banget ngelihat anak-anak antusias bantuin bikinnya, kerjab mata mereka ketika nungguin skotelnya dipanggang di oven, dan teriakan bahagianya ketika skotel udah mateng.

Saya lupa ambil (maksudnya niru) resep dari mana. Waktu itu dapet resep di internet trus copy-paste ke aplikasi colornote yang ada di hape. Pertama kali nyoba resep ini, anak-anak dah seneng banget. Jadilah saya keterusan pake resep ini dengan modifikasi dan penyesuaian seperlunya menyesuaikan dengan bahan yang ada. Ini dia resepnya…

Bahan-bahan:

500 gr pasta (bisa makaroni atau waktu di Inggris saya suka pake fusili), rebus lalu tiriskan

300 gr daging sapi/ayam cincang (kadang saya tambahin irisan sosis biar tambah semarak dan ada ‘warna’nya)

1 bawang bombay besar cincang

3 siung bawang putih, cincang halus

3 sdm tepung terigu

1/2 sdt lada bubuk

1/2 sdt pala bubuk (sering saya skip karena susah nyarinya pas disini)

1/2 sdt garam

Kaldu blok (ini tambahan aja sih biar tambah sedap -namanya juga penyedap rasa. Bisa royco, maggi atau knorr. Tapi saya jarang pake -karena jarang nyetok penyedap. Dan tanpa ini pun rasanya udah maknyusss koq πŸ™‚ )

700 ml susu cair (dikira-kira aja sih, asal kerendam campuran tumisan pastanya)

3 butir telut, kocok lepas

300 gr keju cheddar, parut kasar

Minyak goreng untuk menumis

Fusilli schotel ala ummu shofi. Mohon maaf kalo penampakannya kurang menarik.

Cara membuat:

Tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum.

Masukkan daging sapi/ayam/sosis cincang. Tambahkan lada dan garam. Masak sampai daging berubah warna.

Masukkan makaroni/fusili yang sudah matang, aduk rata.

Masukkan susu, aduk rata. Tunggu sampai mendidih.

Masukkan tepung terigu dan penyedap rasa, aduk hingga adonan mengental.

Matikan api. Masukkan sebagian keju dan telur kocok, aduk rata.

Lalu tuang adonan kedalam loyang yang sudah dilumuri dengan margarin. Kemudian taburkan sisa keju ke atas adonan skotel.

Tutup adonan dengan foil lalu panggang di oven dengan suhu 180 derajat (kalo di oven gas saya, biasanya saya pake mark 6).

Setelah 30 menit, buka tutup foil. Lanjutnya memanggang hingga keju di bagian atas menguning kecoklatan (biasanya 15 menit setelah foil dibuka. Tapi silakan sesuaikan dengan oven masing-masing, sering-sering di cek aja)

Selamat menikmati πŸ™‚

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Skotel ala Ummu Shofi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s