Cara mendaftar ke universitas luar negeri – LOR dan SOP

Apa itu LOR dan SOP?

Sabar ya… Nanti kita akan sampai kesana.

Ditulisan saya yang ini saya sudah cerita tentang memilih negara dan progam studi alias jurusan yang mau diambil. Selanjutnya adalah proses mendaftar ke universitas yang dituju.

Pertama, memilih program yang akan diambil.

Silakan searching atau hunting program atau jurusan yang diincar dan universitas mana yang memiliki program itu. Informasi lengkap tersedia di website universitas masing-masing, silakan berselancar dan cari apa yang membuat kamu tertarik kesana. Modules atau mata kuliah yang ditawarkan adalah salah satu faktor yang penting. Program/jurusan yang sama bisa saja menawarkan ‘isi’ yang berbeda. Perbedaan inilah yang bisa dilihat dari modul-modul yang ditawarkan.

Jangan lupa catat persyaratan dan dokumen yang diminta, misalnya nilai IPK, skor IELTS, ijazah dan transkrip, surat rekomendasi dosen, CV, essay, dll. Untuk nilai IPK, biasanya universitas luar negeri akan minta IPK minimal 3,00. Jadi asal kamu ga PMDK (persatuan mahasiswa dua koma hehehe), harusnya kamu bisa daftar.

Untuk skor IELTS, silakan lihat di masing-masing program. Ada program yang minta skor minimal 6, ada yang 6,5, dan ada juga yang minta 7. Biasanya mereka akan minta skor IELTS terbaru, tidak lebih dari 2 tahun terakhir. So, siapkan skor IELTS karena universitas di UK sekarang tidak lagi menerima skor TOEFL. Ketika saya mendaftar dulu, sebenarnya universitas masih bersedia menerima skor TOEFL untuk mendaftar, hanya saja sejak pertengahan 2015, pemerintah UK tidak lagi menerima TOEFL dalam pengurusan VISA. Jadi ya pada akhirnya tetap harus punya sertifikat IELTS juga. Ditambah lagi, skor IELTS juga diterima di universitas-universitas di US.

Ijazah dan transkrip adalah dua dokumen yang pasti diminta. Siapkan softcopy-nya (tinggal di scan) dan jika ijazah kamu belum bilingual (dua-bahasa), kamu harus meminta translation-nya ke universitas kamu. Dan ini butuh waktu cukup lama. Mulai dari sekarang, buru-buru urus translation ijazah dan transkrip kamu ke sekretariat universitas. Ohya, jangan lupa juga mengecek kebenaran translation-nya ya, siapa tau petugas yang men-translate salah menerjemahkan atau salah memasukkan angka, jadi bisa diperbaiki sebelum di upload ke aplikasi pendaftaran kita.

Nah, selanjutnya adalah surat rekomendasi atau LOR (letter of recommendation). Meski tidak semua universitas meminta tapi rata-rata universitas di UK minta LOR. Beberapa universitas bahkan minta lebih dari satu LOR. Ada yang minta dua LOR dari dosen (akademik) seperti University of York tempat saya kuliah ini, ada juga yang minta LOR dari akademik dan profesional (untuk MBA atau program/jurusan yang mensyaratkan pengalaman kerja sekian tahun misalnya). Minta LOR dari dosen ini juga susah-susah gampang lho. Kadang kita harus membuatkan konsep LOR, jadi dosen tinggal tanda tangan saja. Next, surat itu kita scan lalu di-upload ke aplikasi online pendaftaran kita. Pengalaman saya mendaftar ke University of York kemarin, saya hanya diminta memasukkan alamat email resmi dua orang dosen (maksudnya email kampus, yang belakangnya ada “.ac.id”-nya). Kemudian universitas akan melakukan kontak langsung via email dengan dosen kita dan akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada beliau. Jadi ketika itu saya memohon kepada dua orang dosen saya (saya memilih mata kuliah yang diberi nilai A oleh dosen tersebut) untuk bersedia dihubungi oleh pihak kampus. Agak ribet memang. Jangan lupa berterima kasih kepada dosen kita ya, karena mereka udah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk membantu kita. Jangan lupa juga memberitahu mereka dan mohon pamit jika sudah diterima di universitas impian. Mereka pasti akan merasa sangat dihargai dan ikut bangga 🙂

Untuk CV alias curriculum vitae, ini lagi-lagi tergantung sama universitas. Tersedia banyak template CV khusus akademik, silakan searching di internet. Ada juga yang tinggal mengisi di form yang disediakan dalam aplikasi online.

Selanjutnya adalah SOP alias statement of purpose atau juga dikenal dengan nama personal statement atau motivation letter. Ini adalah tulisan yang menjelaskan alasan atau motivasi kita mengapa memilih program tersebut. Alangkah baiknya jika kita mencantumkan dua-tiga modules yang menurut kita paling menarik dan menjelaskan kenapa modules itu penting untuk memperkuat alasan pemilihan program. Beberapa universitas juga ada yang menyediakan beberapa pertanyaan untuk dijawab dalam personal statement tersebut. Ada banyak contoh SOP di google, tinggal searching aja.

Ohya, mengenai biaya, sebagian universitas tidak meminta admission fee alias mendaftar gratis, namun universitas lain ada juga yang meminta fee. Jadi silakan siapkan juga uang siapa tau universitas tempat kita mendaftar memintanya. Ada juga yang kadang meminta deposit sebagai ‘tanda jadi’ untuk mendapatkan ‘kursi’ disana. Tapi kalau kamu mendapatkan beasiswa, kamu ga perlu khawatir dengan biaya ini. Cukup meminta guarantee letter dari pemberi beasiswa untuk kita upload di aplikasi pendaftaran online.

Jika semua syarat sudah dipenuhi dan semua dokumen sudah dilengkapi, kita tinggal menunggu jawaban dari pihak universitas. Universitas di UK setahu saya pake sistem first-come-first-serve, siapa yang mendaftar duluan dia yang duluan mendapatkan ‘kursi’. Jadi kita sudah bisa mendaftar sejak -misalnya- Oktober 2017 untuk tahun ajaran baru yang dimulai sekitaran Agustus-September 2018. Tapi beberapa universitas di US akan membuka pendaftaran hingga waktu yang mereka tentukan, kemudian akan melakukan seleksi pada satu waktu tertentu. Intinya, mereka akan me-ranking pendaftar dan sekian pendaftar teratas-lah yang akan mendapatkan kursi disana. Untuk kasus seperti ini, kita harus sabar menunggu -hingga bulan Mei atau Juni misalnya.

Letter of Acceptance adalah surat jawaban atas aplikasi pendaftaran kita. Surat ini akan kita terima jika pihak universitas sudah memutuskan apakah akan menolak, menerima (unconditional offer) atau menerima dengan syarat (conditional offer). Jika kita menerima conditional offer, ini pada dasarnya pihak universitas sudah menerima kita sebagai mahasiswanya. Namun ada satu atau beberapa syarat yang harus kita penuhi jika kita ingin tetap melanjutkan kuliah disana (mendapatkan unconditional offer), misalnya skor IELTS yang belum memenuhi skor yang disyaratkan, dsb.

Sementara itu dulu ya sedikit gambaran mengenai cara mendaftar ke universitas di luar negeri terutama ke Inggris. Semoga membantu dan good luck 🙂

shofi UoY

Advertisements

4 thoughts on “Cara mendaftar ke universitas luar negeri – LOR dan SOP

  1. Assalamualaykum.
    Terimakasih atas tulisannya yg sangat bermanfaat.
    Mau tanya ummu shofi.
    Masa berlaku conditional LOA itu biasanya berapa lama ya? Artinya kalau syarat yg kurang itu tdk bisa kita lengkapi dlm periode waktu tsb maka LOA nya akan batal..
    Jadi semangat utk kejar beasiswa.. 😉

    Like

    • ‘Alaikumsalam mas Hadi
      Biasanya di offering letter itu disebutkan sih mas syarat yang kurang harus dipenuhi sampai kapan. Yang jelas kita belum bisa ‘masuk’ kampus jika belum terima unconditional offer. Informasi lanjutan biasanya akan diberikan via email atau akun kita di website kampus (yang kita dapatkan ketika apply/mendaftar ke universitas tsb).
      Semoga berhasil mas Hadi 🙂

      Like

    • Poin dari rekomendasi itu kan harusnya yang bagus-bagus ya mas. Misalnya mas merekomendasikan sebuah resto ke teman-teman, pasti yang direkomendasikan adalah resto bagus, entah makanannya, lokasinya, pelayanannya. Demikian juga dosen, logikanya kan dia akan merekomendasikan mahasiswa yang nilainya bagus. Dan isi rekomendasi pun juga kan yang bagus-bagus mas Gusti, tidak hanya nilai tapi juga yang lain, misalnya mahasiswa ini aktif di kelas dan selalu mengerjakan tugas dengan baik, dst…
      Tapi itu kan idealnya mas. Monggo aja sih kalo mau nyari dosen yang ngasih nilai rendah, asal beliau bersedia sih saya pikir ga masalah mas 🙂
      Semoga bermanfaat

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s