Rempeyek ala Ummu Shofi

Entah kenapa tiba-tiba bikin peyek ini, saya lupa. Mungkin waktu itu lagi ada stok tepung beras dan bingung mau dibikin apa. Akhirnya nyari-nyari resep berbahan dasar beras di internet dan dapatlah si rempeyek ini.

Dari dulu suka rempeyek, cuman dulu di kantor ada temen yang ibunya jualan rempeyek. Tinggal pesen, besoknya dateng deh 10 bungkus hehehe

Dari tiga macam rempeyek, kacang tanah – kacang ijo – teri, saya paling suka kacang ijo sebenernya, Kacangnya ga segede kacang tanah, lebih kriuk, dan tidak se-asin peyek teri. Tapi berhubung disini agak susah nyari kacang ijo, jadilah saya nyoba pake kacang tanah aja.

Karena ternyata yummy dan krunchy (emang doyan sih… maklum hobinya ngemil kripik hehehe), akhirnya setelah beberapa kali trial, saya menemukan (emangnya ilang 😀 ) resep rempeyek kacang ala saya sendiri 🙂 Resep yang disesuaikan dengan bumbu yang ada disini (Inggris) hehehe… Yang mau mencoba sangat sangat dipersilakan (dengan mencantumkan sumbernya (apasih) 😀

Ini dia resepnya:

400 gr tepung beras

2 sdm tepung tapioka

2 sdt bawang putih bubuk (garlic powder)

2 sdt ketumbar bubuk

2 sdt garam

1,5 sdt gula

5 butir kemiri (haluskan)

1 kaleng santan kental (kalengan)

1 butir telur

2 gelas air

Kacang tanah secukupnya (saya pake salted roasted peanut bukan kacang mentah, jadi lebih garing)

Daun jeruk iris tipis/cincang halus secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya gampang sebenernya, cuman agak tricky dan lamaaaaa:

Campurkan semua, aduk-aduk (tak masalah mana duluan yang masuk). Pilih wajan besar yang melengkung. Panaskan minyak goreng (kalo disini pakenya sunflower oil). Ambil setengah sendok makan adonan (yang memang agak encer), tuang dengan hati-hati sedikit demi sedikit di sisi wajan. Kemudian siram-siram dengan minyak hingga lepas dari pinggir wajan dan jatuh ke minyak (agak susah menjelaskannya. Bagi yang belom pernah goreng peyek, disarankan untuk liat video cara menggoreng peyek di youtube yak hehehe). Goreng hingga kekuningan.

Selamat mencoba…IMG_20160422_113058

Advertisements

27 thoughts on “Rempeyek ala Ummu Shofi

Add yours

    1. Mba Monda, adonan peyeknya mungkin kental ya?
      Kalo adonan saya encer mba, tapi juga jangan kebanyakan air hehehe
      Trus wajannya enaknya sih yang lebar ya, biar pas nuang enak
      Ohya, tehnik nuang adonan ke pinggir wajan mungkin juga berpengaruh ya. Agak tricky memang sih. Si abah kadang nyoba nuang adonan ke pinggir wajan juga suka ga rata hehehehe 😀
      Practice makes perfect mba Monda, coba berulang-ulang aja, ntar juga ketemu sela’nya 🙂
      Saya dulu pas pertama-tama juga gitu koq hehehe

      Liked by 1 person

    1. Ketebelan mungkin karena kurang air mba Nina
      Adonannya encer koq, dan jangan lupa pas nuang adonan dari sendok ke pinggir wajan juga harus pelan-pelan dan sedikit-sedikit 🙂
      Ayo bikin lagi mba 😀

      Cara gorengnya emang suka ribet sih, tapi nyandu hehehe
      Kalo pas berhasil nuang dengan ketipisan yang pas tuh keknya puas banget 😀

      Liked by 1 person

    1. Silakan mba Mia 🙂
      Ohya, saya barusan nyoba tambahin santannya. Satu kaleng saya masukin semua ke adonan, ternyata jauh lebih gurih mba… lebih kriuk 🙂
      Monggo klo mau dicoba juga

      Like

    1. Hehehe 😀
      Beli aja mas Ahmad. Kalo di Indonesia biasanya juga saya beli ke temen yang jualan. Karena disini ga ada yang jual dan sayanya kepengen, jadilah bikin sendiri (kesian hehehe…)

      Like

    1. Saya juga aslinya ga jago masak mba Indah hehehe… Cuman disini karena terpaksa aja jadi bikin sendiri 😀
      Katanya practice make perfect mba 😉
      Saya juga ga langsung berhasil itu, berkali-kali nyoba, gonta ganti wajan, posisi sendok, baru deh bisa dapet yang agak pas di lidah dan anak-anak suka 🙂
      Makanan yang lain juga gitu, kadang kepedesan, lain waktu keasinan, atau kurang mateng, sering juga gosong hehehe… Hunting resep juga gonta ganti. Sekarang pake resep Diah Didi, lain waktu ngikut NCC, besoknya ngikut justtryandtaste, gitu terus. Tapi klo ada yang pas dan cocok, biasanya saya save resepnya. Jadi klo mau bikin lagi bisa langsung nyontek…
      Semangat mba Indah… 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: