Rempeyek ala Ummu Shofi

Entah kenapa tiba-tiba bikin peyek ini, saya lupa. Mungkin waktu itu lagi ada stok tepung beras dan bingung mau dibikin apa. Akhirnya nyari-nyari resep berbahan dasar beras di internet dan dapatlah si rempeyek ini.

Dari dulu suka rempeyek, cuman dulu di kantor ada temen yang ibunya jualan rempeyek. Tinggal pesen, besoknya dateng deh 10 bungkus hehehe

Dari tiga macam rempeyek, kacang tanah – kacang ijo – teri, saya paling suka kacang ijo sebenernya, Kacangnya ga segede kacang tanah, lebih kriuk, dan tidak se-asin peyek teri. Tapi berhubung disini agak susah nyari kacang ijo, jadilah saya nyoba pake kacang tanah aja.

Karena ternyata yummy dan krunchy (emang doyan sih… maklum hobinya ngemil kripik hehehe), akhirnya setelah beberapa kali trial, saya menemukan (emangnya ilang πŸ˜€ ) resep rempeyek kacang ala saya sendiri πŸ™‚ Resep yang disesuaikan dengan bumbu yang ada disini (Inggris) hehehe… Yang mau mencoba sangat sangat dipersilakan (dengan mencantumkan sumbernya (apasih) πŸ˜€

Ini dia resepnya:

400 gr tepung beras

2 sdm tepung tapioka

2 sdt bawang putih bubuk (garlic powder)

2 sdt ketumbar bubuk

2 sdt garam

1,5 sdt gula

5 butir kemiri (haluskan)

1 kaleng santan kental (kalengan)

1 butir telur

2 gelas air

Kacang tanah secukupnya (saya pake salted roasted peanut bukan kacang mentah, jadi lebih garing)

Daun jeruk iris tipis/cincang halus secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya gampang sebenernya, cuman agak tricky dan lamaaaaa:

Campurkan semua, aduk-aduk (tak masalah mana duluan yang masuk). Pilih wajan besar yang melengkung. Panaskan minyak goreng (kalo disini pakenya sunflower oil). Ambil setengah sendok makan adonan (yang memang agak encer), tuang dengan hati-hati sedikit demi sedikit di sisi wajan. Kemudian siram-siram dengan minyak hingga lepas dari pinggir wajan dan jatuh ke minyak (agak susah menjelaskannya. Bagi yang belom pernah goreng peyek, disarankan untuk liat video cara menggoreng peyek di youtube yak hehehe). Goreng hingga kekuningan.

Selamat mencoba…IMG_20160422_113058

Advertisements

26 thoughts on “Rempeyek ala Ummu Shofi

    • Mba Monda, adonan peyeknya mungkin kental ya?
      Kalo adonan saya encer mba, tapi juga jangan kebanyakan air hehehe
      Trus wajannya enaknya sih yang lebar ya, biar pas nuang enak
      Ohya, tehnik nuang adonan ke pinggir wajan mungkin juga berpengaruh ya. Agak tricky memang sih. Si abah kadang nyoba nuang adonan ke pinggir wajan juga suka ga rata hehehehe πŸ˜€
      Practice makes perfect mba Monda, coba berulang-ulang aja, ntar juga ketemu sela’nya πŸ™‚
      Saya dulu pas pertama-tama juga gitu koq hehehe

      Liked by 1 person

    • Ketebelan mungkin karena kurang air mba Nina
      Adonannya encer koq, dan jangan lupa pas nuang adonan dari sendok ke pinggir wajan juga harus pelan-pelan dan sedikit-sedikit πŸ™‚
      Ayo bikin lagi mba πŸ˜€

      Cara gorengnya emang suka ribet sih, tapi nyandu hehehe
      Kalo pas berhasil nuang dengan ketipisan yang pas tuh keknya puas banget πŸ˜€

      Liked by 1 person

    • Silakan mba Mia πŸ™‚
      Ohya, saya barusan nyoba tambahin santannya. Satu kaleng saya masukin semua ke adonan, ternyata jauh lebih gurih mba… lebih kriuk πŸ™‚
      Monggo klo mau dicoba juga

      Like

    • Hehehe πŸ˜€
      Beli aja mas Ahmad. Kalo di Indonesia biasanya juga saya beli ke temen yang jualan. Karena disini ga ada yang jual dan sayanya kepengen, jadilah bikin sendiri (kesian hehehe…)

      Like

    • Saya juga aslinya ga jago masak mba Indah hehehe… Cuman disini karena terpaksa aja jadi bikin sendiri πŸ˜€
      Katanya practice make perfect mba πŸ˜‰
      Saya juga ga langsung berhasil itu, berkali-kali nyoba, gonta ganti wajan, posisi sendok, baru deh bisa dapet yang agak pas di lidah dan anak-anak suka πŸ™‚
      Makanan yang lain juga gitu, kadang kepedesan, lain waktu keasinan, atau kurang mateng, sering juga gosong hehehe… Hunting resep juga gonta ganti. Sekarang pake resep Diah Didi, lain waktu ngikut NCC, besoknya ngikut justtryandtaste, gitu terus. Tapi klo ada yang pas dan cocok, biasanya saya save resepnya. Jadi klo mau bikin lagi bisa langsung nyontek…
      Semangat mba Indah… πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s