8 Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

Sangat banyak manfaat bermain puzzle bagi anak. Ada yang masih suka main puzzle dengan anak atau adiknya dirumah ? Kalau saat libur dan gak ada rencana keluar, kami sekeluarga biasanya main puzzle bersama dirumah. Puzzle yang kami beli murah di charity shop ada yang terdiri 100 pieces, 500 pieces, 750 pieces dan 1000 pieces. Puzzle – puzzle tersebut ada yang berhasil kami selesaikan dan ada juga yang belum berhasil, ada yang potongan puzzlenya masih komplit ada juga yang sudah hilang entah kemana hehe 😀 Tapi Alhamdulillah kami menikmati kerjasama saat menyusun puzzle dan apalagi saat menaruh kepingan terakhir.

Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

Akhirnya… 750 keping tersusun rapi 😀

Ada yang belum pernah main puzzle ? Pasti sudah pernah semua lah ya.. 😀 Mainan jadul sejak jaman SD, kita sudah tahu bahwa banyak manfaatnya kalau anak-anak main puzzle. Bahkan sejak bayi pun, anak-anak sudah dikenalkan dengan mainan puzzle sederhana. Contohnya mainan berbentuk lingkaran warna-warni dengan menaranya yang terbuat dari plastik atau karpet puzzle yang terbuat dari karet/platik warna warni yang terdapat huruf/angka didalamnya.

8 Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

Berdasarkan pengalaman saya bermain puzzle sama anak-anak, ada banyak manfaat yang didapat bagi mereka saat mereka main puzzle. Beberapa manfaat bermain puzzle bagi anak diantaranya :

1. Mengenal Bentuk dan warna

Bagi orang tua yang memiliki bayi, bagus juga kalo anaknya dikasih mainan yang mirip puzzle. seperti memasukkan mainan yang berbentuk lingkaran, segitiga atau kota kedalam media. sambil bermain anak-anak bisa mengenal bentuk maupun warna mainan mereka. Namun hati-hati dalam memilih mainan anak-anak terutama yang berbahan plastik dan kayu, pastikan kesehatan dan keselamatan anak-anak terlebih dahulu.

2. Melatih koordinasi tangan dan mata

Dengan bermain puzzle sejak dini, anak-anak akan dilatih mengkoordinasikan antara gerakan tangan dengan mata mereka. Dengan makin baik nya koordinasi antara mata dengan tangan, maka semakin cepat dalam menyelesaikan puzzle. Selain itu hal ini sangat baik untuk melatih saraf motorik anak..

3. Melatih kekuatan memori

Saat bermain puzzle anak-anak akan dilatih kekuatan memori alias daya ingat mereka. Mereka harus mengingat tiap potongan puzzle yang nantinya akan mereka tempatkan sampai puzzle tersusun rapi.

4. Melatih ketelitian dan ketenangan tangan

Pada beberapa jenis puzzle, tiap kepingan dapat berbeda ukuran dan bentuk. ada yang besar maipun ada yang kecil. Hal ini membutuhkan ketelitian atau ketenangan dalam memasang puzzle agar tidak berantakan. Hal ini biasa didapatkan dalam menusun sebuah bangunan lego.

5. Melatih memecahkan masalah

Menyusun puzzle adalah melatih menyelesaikan masalah yang ada dihadapan kita. Dengan bermain lego, secara tidak langsung anak-anak diajarkan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang ada didepannya. Anak-anak akan diajarkan untuk pantang menyerah sebelum puzzlenya terbentuk sempurna.

6. Belajar Jujur

Puzzle tidak bisa di curangi ! Karena solusi puzzle hanya satu, yaitu sesuai bentuk sesuai gambar yang diinginkan. Dengan bermain puzzle anak-anak pasti akan bermain dengan jujur, menempatkan kepingan sesuai dengan posisinya masing-masing. Apabila tidak sesuai dengan posisinya masing-masing, ya berarti permainan belum selesai 😀

7. Belajar Sabar

Pelajaran paling penting bagi anak-anak dalam bermain puzzle adalah patience alias SABAR, Bisa dibayangkan bagaimana stressnya menyusun puzzle yang jumlahnya 500 atau 100o keping, kalau nggak sabar permainan puzzle gak akan selesai 😀

8. Belajar Kerja Sama

Dengan bermain puzzle bersama teman-temannya, anak-anak kita dapat berlatih bagaimana kerjasama dalam menyelesaikan masalah didepan mereka. Belajar berbagi dengan teman, tidak egois, belajar memberi dan mendahulukan teman adalah kunci dari kerjasama.

Bingung mau main apa sama anak-anak atau keluarga dirumah ? Coba hunting puzzle game dan mainkan dirumah 😀

Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

puzzle 100 pieces

Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

puzzle 500 pieces

Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

puzzle 750 pieces

Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

puzzle 1000 pieces

Advertisements

24 thoughts on “8 Manfaat bermain Puzzle Bagi Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s