Catatan Perjalanan Jakarta Manchester

Catatan Perjalanan Jakarta Manchester. Terbang selalu menjadi pengalaman yang mengasyikkan sekaligus menegangkan bagi anak-anak. Perasaan mereka yang senang sekaligus takut campur aduk menjadi satu. Perjalanan dengan segudang impian sudah tergambar dalam fikiran mereka, senang karena akan main diatas salju, jalan-jalan dan juga sekolah selama 2 tahun sekaligus punya banyak teman baru nantinya, takut karena saat ini mereka belum bisa bahasa inggris :D. Alhamdulillah perjalanan Jakarta – Manchester selama 18 jam berjalan lancar dan kami selamat sampai tujuan.Ketika itu kami boarding jam 17.45 WIB di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta dan tiba di Bandara Manchester jam 07.00 Waktu setempat (14.00 WIB). Perbedaan waktu kota manchester dengan jakarta 7 jam lebih lambat.

Perjalanan Jakarta Manchester :ย  Hunting Tiket murah

Setelah Visa UK sudah siap, saatnya hunting tiket perjalanan Jakarta – Manchester ke portal penjualan tiket online. Saat visa UK sudah selesai, saya di beritahukan bahwa masa expired visa kami 30 hari. Apabila selama 30 hari belum berangkat ke UK, maka visa kami hangus dan harus membuat lagi dari awal.. Sesuai masa expired visa UK, saya mempunyai waktu hampir sebulan untuk hunting tiket murah perjalanan Jakarta – Manchester. Setelah membandingkan beberapa portal penjualan tiket online, akhirnya memutuskan via sky scnanner, karena setelah membandingkan harga di beberapa portal penjualan tiket online, yang paling nyaman buat kantong kami cuma di sky scanner :D.

Baca juga posting tentang 6 lngkah membuat visa UK dan Visa dependant UK

Perjalanan Jakarta Manchester : Alasan memilih Emirates, bukan Maskapai yang lain

Perjalanan jakarta manchester bersama emirates

Pesawat Emirates, sumber foto dari emirates.com

Sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme, maunya sih terbang bersama Garuda Indonesia, tapi karena maskapai Garuda Indonesia menggunakan connecting flight dan harganya lumayan mahal, akhirnya memutuskan menggunakan maskapai lain. Setelah membandingkan harga tiket perjalanan Jakarta – Manchester di beberapa maskapai seperti Emirates, Garuda Indonesia, Ettihad, Qatar, maupun maskapai lainnya, saat itu kebetulan yang paling murah dari maskapai Emirates dan harganya juga bersaing dengan maskapai asal timur tengah lainnya. Sedangkan yang diberikan oleh maskapai Garuda Indonesia untuk rute dan waktu yang sama, harganya bisa hampir 2x lipat (mungkin saya aja yang saat itu tidak beruntung), Kok bisa ya ?

Tiket Persiapan perjalanan Jakarta Manchester

Jakarta – Dubai – Manchester

Perjalanan Jakarta Manchester : Hunting Koper Murah

Setelah tiket sudah dipegang, dilanjutkan dengan hunting koper murah. Berburu koper murah ini memang bener-bener yang harganyaย  murah, budgetnya maksimal 600 ribu per piecenya, tidak boleh lebih ! *irit banget yak ?:D hunting koper mulai dari koper yang hardcase sampai yang biasa, sampai cek harga di toko ofline maupun di toko online. Setelah cukup lama hunting koper dan membandingkan harga,akhirnya ketemu juga koper yang lumayan bagus, seharga 400 ribu rupiah.

Koper Persiapan perjalanan Jakarta Manchester

Hasil hunting, cuma 400 Ribu an !

Kok milihnya yang seperti itu ? ya karena koper ini nanti isinya cuma baju-baju dan akan masuk bagasi, tidak masuk kabin. Jadinya ya gak perlu yang mahal atau hardcase, beda kalo isinya bahan sensitif (fragile) atau berharga, nah harus beli yang hardcase. Jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan (kantong) kita aja ๐Ÿ˜€

Perjalanan Jakarta Manchester : Chek in dan boarding pesawat

Setelah tiba di terminal 2 Bandara Soekarna Hatta dan pamit dengan keluarga yang mengantar, saat nya masuk untuk melakukan cek in sekaligus nimbang koper untuk dimasukan ke bagasi. Batas maksimal yang diberikan Emirates untuk tiap penumpang adalah 30 Kg, dan alhamdulillah saat itu nggak kelebihan bagasi, total 4 koper besar masuk bagasi, dan hanya 1 tas carier yang masuk kabin pesawat. Kalo beberapa teman ada yang nimbang dulu dengan tibangan badan di rumah, untuk menghindri kelebihan berat kopernya.

Persiapan perjalanan Jakarta Manchester

4 Koper + 1 Ransel kecil Masuk Bagasi dan 1 Carier Bawa ke Kabin Pesawat. Bismillah !

Lho kok bawa tas carier ke kabin ? Ya karena ngga muat di koper jadinya di isi di carier ๐Ÿ˜€ dan juga karena perjalanan kali ini bersama anak-anak, otomatis semua perbekalan perjalanan dimasukkan ke dalam carier. Kecuali minuman, carier saya isi barang-barang seperti jaket tebal, baju ganti anak-anak, roti, kertas warna origami. Ketika itu kami membawa satu botol air mineral, tapi karena dilarang akhirnya kami habiskan sebelum masuk gate ruang tunggu.

Persiapan perjalanan Jakarta Manchester

Siap – siap boarding, terbang bersama Emirates. Yeayy .. Yeayy.. Semangat !!

Alhamdulillah setelah 30 menit menunggu, kami langsung boarding. Bismillah… Petualangan perjalanan Jakarta – Manchester di mulai. Yeayy .. Yeayy.. Semangat !!

Mau tau cerita perjalanan kami selanjutnya saat di pesawat ? ๐Ÿ˜€ klik link ini

Advertisements

21 thoughts on “Catatan Perjalanan Jakarta Manchester

    • Kalo sy dan keluarga kemarin gampang sih mba, mungkin karena dependant ya… tapi muahalnya itu ๐Ÿ˜› ada di postingan sebelumnya mba.

      Kalo visa turis, kata temen yang ajak ibu atw istrinya ke UK sebagai turis sih gampang dibanding dependant asal bisa meyakinkan saat interview. pertanyaan nya seperti di UK mau apa, di UK ada siapa, nanti di tinggal dimana

      Dan menurut info dr teman2 disini, mendapatkan visa UK termasuk yang sulit setelah USA.

      Like

  1. Pingback: Perjalanan Jakarta Manchester (2) : Digodain Pramugari | Abah Shofi Family

  2. Pingback: Perjalanan Jakarta – Manchester (2) : Digodain Pramugari | Abah Shofi Family

  3. Pingback: Perjalanan Jakarta Manchester (3) : | Abah Shofi Family

  4. Waah serunyaaa…. Salut dan ikut senang ketika anak-anak panjenengan sudah melangkahkan kaki lebih jauh ke negeri orang. Semoga kelak menjadi anak-anak yang bijak ketika dewasa, karena ia telah melihat perbedaan-perbedaan selama perjalanan ๐Ÿ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s