Jalan-jalan ke Banda Aceh dan Sekitarnya

Aceh. Siapa yang tidak mengenal propinsi yang lebih dikenal dengan sebutan Serambi Makkah. Propinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatera ini sudah menerapkan syariat islam dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari. Bagi negara lain, Aceh mungkin lebih dikenal dengan bencana tsunami beberapa waktu yang lalu. Bencana nasional yang telah memporak-porandakan Propinsi Aceh.

Ada yang pernah ke Banda Aceh sebelumnya ? Alhamdulillah, saya sudah 2 kali menyambangi kota Banda Aceh, walaupun tidak lama tapi cukuplah untuk explorasi kota Banda Aceh dan sekitarnya. Waktu itu sih pingin ke Sabang juga, tapi karena waktunya mepet jadi dipending, mudah2an nanti bisa berkunjung lagi.

Jalan-jalan ke Banda Aceh dan Sekitarnya

Setelah perjalanan yang melelahkan selama kurang lebih 2,5 jam. Pasti perut terasa lapar khan.. πŸ˜€ Nah.. deket situ ada rumah makan ayam goreng yang maknyuss.. coba deh mampir, namanya ayam goreng pramugari. Lokasi warungnya berada di area ujung landasan.

Jalan-jalan ke Banda Aceh

Disebut ayam pramugari karena leher ayam dan kakinya panjang seperti pramugari :D, dan katanya warung ini juga sering di kunjungi pramugari.

Disekitar kota Banda Aceh, ada banyak objek wisata antara lain sabang ujung barat Indonesia, Masjid Agung Baiturrahman, puncak Aceh geureutee, museum tsunami, dan beberapa tempat lainnya.

Jalan-jalan ke Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Jika mau ke Masjid Raya Baiturrahman, coba datangi saat pagi/subuh hari, selain puas foto-foto *gak ada saingan *suasana nya juga sangat religius. Waktu itu saya jalan sekitar 5-10 menit dari hotel menuju masjid.

Jalan-jalan ke Banda Aceh

Suasana Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh, Selepas Sholat Subuh

Kalau datang nya saat sholat dzhuhur apalagi sholat jumat, suasananya rame dan mungkin kita agak sulit kalo mau foto-foto apa lagi selfie πŸ˜€

Jalan - jalan ke banda aceh masjid baiturrahman aceh

Suasana Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh, Selepas Sholat Jumat

Jalan-jalan ke Puncak Geureutee Aceh

Selain Masjid Agung Baiturrahman, ada juga objek puncak geureutee. Puncak geureutee ditempuh kurang lebih 3 jam dari kota banda aceh, dengan jalanan yang berkelok-kelok, selama perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan pesisir pantai barat, samudera hindia. Diatas puncak kita akan disuguhi pemandangan yang sangat cantik. Di sekitar puncak kita juga dapat menikmati secangkir kopi atau teh sambil menikmati suasana puncak aceh di pagi hari.

Jalan - jalan ke banda aceh puncak geureutee aceh

Keindahan Puncak Geureutee Aceh, Sayang Untuk di Lewatkan

Mencicipi Kopi Sanger Khas Aceh

Setalah puas eksplor kota aceh, tidak lengkap rasanya kalo belum nyobain kopi khas aceh, kopi sanger. Yuk di cobain kopinya, ini penampakannya.

Jalan - jalan ke banda aceh Kopi Sanger Aceh

Se-uprit kopi ini bisa nendang kepala loh… hahaha..

Saat pertama kali disuguhi kopi ini, saya sedikit meremehkan, hahaha… *astaghfirullah* loh kok sedikit banget kopinya… gak ada cangkir yang lebih besar apa ? masak kecil amat cangkirnya… Ehh… pas nyicip sedikit aja kopinya, kepala serasa ditendang oleh kekentalan kopinya. Ampuun.. setelah itu langsung seruput dengan sendok aja… Kapok πŸ˜€

Penasaran ? Ayuk lah ke Aceh πŸ˜€

 

Advertisements

32 thoughts on “Jalan-jalan ke Banda Aceh dan Sekitarnya

  1. mampir ahhh hehehehe. aku lg jalan2 di blogmu neh.
    btw itu endingnya kopi jd mau…ngopi tp lg hamidun sama misua dilarang ngopi 😦
    trs ada ayam yaa ah ayam udh banyak di sini hahaha
    btw enaknya yang bs mampir k mesjid itu. aku mah bs mampir ke mesjid kubah emas depok sm istiqlal udh syukur hehehe

    Like

  2. Wah, sudah sampai Aceh aja huhuhu 😦

    Pengen banget ke Masjid rayanya, museum tsunaminya, dan yang penting nyeruput kopi Acehnya :3

    Like

  3. Abaaah .. ayam pramugarinya menggiurkan banget, lihat leher panjang jenjang gituh pengin gigiiiit ih.
    Itu mesjid raya yg byk bercerita saat musibah tsunami-kah?
    Yoi kopinya nendang aseliii, saya pernah nyoba di warung aceh di Bandung.
    “Mie aceh-nya” manaaa? ..

    Terimaksih ‘Bah, sdh mengajak piknik ke Aceh πŸ™‚

    Liked by 1 person

  4. Dua kali ke Aceh. Di sana saya sangat nikmatin nongkrong di kedai-kedai kopi yang ada di mana-mana. Sambil nikmatin kuliner Aceh. Terharu liat optimisme masyarakat Aceh untuk bangkit setelah bencana tsunami. Dan… Liat ayam di atas jadi laper :))

    Like

  5. Pingback: Jalan-jalan ke Kota Banda Aceh dan Sekitarnya (2) | Abah Shofi Family

  6. Aku sendiri udah lama bangeeeet ga ke Aceh, padahal sebelahan sama Medan dan alm papaku ada darah acehnya😊. Tapi alam Aceh memang keren, apalagi kalo mampir ke Sabang… cakep !

    Like

    • Wah kalo sebelahan tinggal mlipir sebentar mba, hehe.. πŸ˜€ . mudah2an nanti ada kesempatan ya mba..

      Iya bener mba musti ke Sabang,. Sy nysel smpe Sekarang mba, karena kemarin gak mampir ke Sabang. Spot snorkelingnya bagus ktnya..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s