Serunya Latihan Taekwondo

Latihan beladiri buat anak-anak sangat bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Sejak kecil Afifah, Alifah dan Rumaisha sudah kami ikutkan dalam ekstrakurikuler salah satu jenis beladiri disekolah nya. Tujuannya semata-mata agar anak-anak semakin meningkat kepercayaan dirinya, tidak takut dengan orang lain, bukan untuk jago berkelahi. Ya walaupun nanti mudah-mudahan sih jadi punya bekal dalam bela diri juga šŸ˜€

Manfaat Latihan Taekwondo Buat Anak

Rumaisha Kelas1 SD sudah sabuk kuning

Alasan Latihan Taekwondo

Gak ada alasan khusus juga sih, ya karena di sekolahnya adanya taekwondo, kalo adanya beladiri karate ya mungkin akan ikut karate. Tujuan nya ya itu tadi, supaya anak-anak meningkat kepercayaan dirinya. Selama ikut latihan taekwondo di sekolahnya, alhamdulillah anak-anak sangat menyukai dan menikmati kegiatan mereka, mulai dari latihan rutin di sekolahnya sampai dengan ujian kenaikan tingkat sabuk.

Manfaat Latihan Taekwondo Buat Anak

Setelah naik sabuk, waktunya makan-makan…!!

Manfaat Latihan Taekwondo Buat Anak:

1. Percaya diri meningkat

Kami perhatikan setelah mengikuti latihan taekwondo kepercayan diri anak-anak meningkat, paling tidak mereka tidak canggung lagi saat ada tamu yang datang, dan mereka juga cukup supel dengan teman-teman nya di sekolah. Dan mereka juga berani kalo bangun tengah malam untuk ke kamar mandi sendirian, tidak perlu bangunin saudara atau pun orang tuanya lagi.

2. Punya bekal bela diri

Dengan ikut latihan taekwondo, secara mental meraka sangat baik. Mereka tidak merasa takut dengan dengan teman – teman mereka yang suka usil, tinggal mendemokan sedikit jurus taekwondo yang mereka punya, pasti teman yang usil akan pergi šŸ˜€ *trust me it works. Di jaman sekarang, kayak nya perlu juga deh membekali anak-anak kita ilmu beladiri, ya paling tidak untuk melindungi mereka sendiri.

3. Banyak Teman

Saat latihan taekwondo, tidak perlu khawatir akan membuat mereka bosan, justru saat itulah mereka akan bermain sambil berlatih bersama teman-teman mereka. Kalau kita lihat saat mereka latihan, tidak ada wajah bosan atau pun lelah, yang ada hanya keriangan bersama teman-temannya, jadi kita tidak pelu khawatir jam bermain mereka akan berkurang. Bukan berarti latihan taekwondo isinya bercanda saja, ya tergantung sabam/pelatihnya juga sih… namanya juga anak-anak pasti default-nya maunya selalu bermain, tinggal pendekatan sabamnya saja bagaimana agar suasana latihan menjadi serius tapi tetap santai.

4. Olah Raga rutin

Anak-anak susah di ajak olah raga ? nah… dengan latihan taekwondo anak-anak kita akan secara otomatis rutin berolah raga minimal seminggu sekali. Dengan olah raga rutin, anak-anak akan selalu terasa segar dan bugar, makannya bayak dan terhindar dari obesitas. Bagus khan ? šŸ™‚

5. Usia dini saat yang tepat belajar teknik beladiri

Taekwondo adalah olah raga beladiri yang mengandalkan kelenturan kaki. Gerakannya di dominasi oleh tendangan dengan berbagai macam teknik. Teknik ini sangat baik jika dimulai dari usia dini, karena kaki anak-anak masih lentur, Hasilnya pasti jauh lebih maksimal jika dibandingkan anak-anak mulai ikut latihan setelah mereka remaja atau dewasa.

*Thanks to Sabam Reza di Pamulang

 

 

 

 

 

Advertisements

23 thoughts on “Serunya Latihan Taekwondo

  1. Sulungku juga taekwondo, niatnya untuk olahraga saja krn energinya berlebih & jaga diri krn perempuan. Tapi belakangan suka kompetisi. Saya nggak tega krn pernah kesleo kakinya di pertandingan. Kena pukul juga kepalanya walau pakai pelindung. Akhirnya saya nggak mau nonton kalau pertandingan.

    Like

    • Wah seru bgt mba sampe ikut kompetisi … Kalo anak2 sy belum sy ikutkan .. Iya itu takut cedera, hehe.. Maklum ortu nya khawatiran..

      Mungkin nanti kalo udah smp baru diikutkan …

      Thanks anyway mba sudah bersedia mampir…

      Like

  2. Betul. Saya setuju, bahwa olahraga bela diri untuk anak-anak akan menambah rasa percaya diri dan melatih fisik sejak dini. šŸ˜€
    Saya jadi ingat dulu waktu SD saya dan adik saya juga sudah berlatih karate. Saya berlatih karate hingga saya kelas 1 SMP aja. Wktu itu saya udah sabuk cokelat. Tapi saya nggak sampai ikut ujian untuk ke sabuk hitam karena saya masih terlalu muda katanya. Akhirnya menunda terus, saya udah terlanjur kelas 3 SMP, ga bisa ikut juga karena harus persiapan UN. Berakhir sudah perjalanan karate saya di sabuk cokelat. šŸ˜†

    Liked by 1 person

  3. Pingback: Perjalanan Jakarta Manchester (3) : | Abah Shofi Family

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s