8 Langkah Mudah Membuat Paspor

Bagi sebagian orang berhadapan dengan birokasi adalah hal yang paling dihindari. Sudah terbayang banyaknya prosedur yang akan di hadapi, oleh karenanya banyak yang lebih memilih menggunakan jasa calo sebagai contoh mengurus dokumen KTP, SIM bahkan Paspor. Tapi alhamdulillah, sekarang semua lini pemerintahan sudah mulai berbenah, bahkan menolak apabila dokumen diurus oleh calo.

Pengalaman saya dalam mengurus paspor di kantor imigrasi jakata selatan secara manual (bukan online) adalah salah satu buktinya. Berikut adalah 8 tips cara/langkah mudah dalam membuat paspor, sesuai pengalaman saya :

8 Tips Mudah Membuat Paspor

8 Langkah Mudah Membuat Paspor :

 

1. Cari informasi lokasi kantor imigrasi tujuan

Carilah lokasi kantor imigrasi tempat pembuatan paspor yang terdekat dari rumah atau lokasi kerja kita. Hal ini memudahkan terutama bagi orang-orang yang waktunya terbatas. dan pastikan kita mengetahui alamat kantor imigrasinya secara detail, kalau perlu gunakan jasa google map.

Selain itu jam layanan dan jumlah maksimal dokumen yang dilayani dalam satu hari juga harus kita ketahui, karena biasanya tiap-tiap kantor berbeda. kalau di kantor imigrasi lebak bulus jakarta selatan, jumlah maksimal dokumen adalah 70 dan jam layanan sampai jam 2 siang. Jadi pastikan informasi-informasi tersebut sudah kita ketahui.

2. Siapkan Dokumen Asli

Dalam membuat paspor terdapat beberapa dokumen asli yang harus dibawa, antara lain :

a. Akte kelahiran

b. KTP

c. Kartu Keluarga

d. Akta nikah (apablah sudah nikah)

selain dokumen asli, dokumen – dokumen tersebut juga harus di fotocopy @1 lembar atau lebih untuk antisipasi. Apabila terdapat perbedaan nama dalam KTP dengan Akte kelahiran bisa meminta surat keterangan dari kelurahan yang tujuannya adalah menerangkan bahwa nama yang terdapat dalam KTP dan Akte adalah orang yang sama.

3. Datang pagi hari

Datang pagi hari adalah WAJIB. Berdasarkan pengalaman membuat paspor di kantor imigrasi lebak bulus, jam 06.30 saja antrian sudah panjang. Jadi sudah terbayang kalau kita datang siang jadwa foto dan biometric mungkin di sisa waktu dan mungkin juga di minta kembali besok karena kuota layanan untuk hari itu sudah habis.

4. Mengisi Form Permohonan Pembuatan Paspor

Bagi yang belum mengetahui atau mengisi form permohonan, tidak perlu khawatir karena bisa meminta di petugas di depan pintu. Informasi yang diisi harus sesuai dengan dokumen asli seperti KTP, Akte kelahiran maupun Kartu Keluarga. Form isian imigrasi ini cukup banyak, jadi bisa juga meminta form dan mengisinya di rumah dan kembali besok pagi. Setelah mengisi form, serahkan form tersebut ke petugas dan duduk manis menunggu panggilan untuk verifiksi berkas.

5. Lakukan Verifikasi berkas

Verifikasi berkas dilakukan oleh petugas diloket yang tujuannya adalah memastikan keaslian dokumen dan kebenaran data yang kita isi. Dokumen asli serta copy-annya harus dibawa, apabila pasti diminta untuk menyiapkan dulu. Jenis pertanyaan dalam verifikasi berkas antara lain nama, alamat, pekerjaan dan alasan membuat paspor. Apabila sudah verifikasi berkas kita akan diminta menuju loket berikutnya untuk mengantri giliran foto dan biometric/sidik jari.

6. Pengambilan Foto dan biometric

Sebelum pengambilan foto dan biometric/sidik jari, petugas akan memverifikasi data terlebih dahulu yang tujuannya adalah agar data yang ada dalam paspor kita nanti benar, terutama nama dan tanggal lahir. Hindari menggunakan baju atau kemeja yang berwarna putih, karena background foto paspor adalah putih. Untuk yang membawa anak, nanti akan di perlakukan berbeda.

Setelah pengambilan foto dan biometric, petugas akan memberikan kita print out tagihan berupa kode billing yang harus kita bayar sebesar 350.000 melalui bank pemerintah. Tagihan itu adalah biaya resmi layanan pembuatan paspor imigrasi bukan pungli dari petugas, karena akan masuk ke rekening negara. Kita harus pastikan bahwa hasil printnya jelas dan dapat terbaca, karena nanti bisa di tolak oleh bank.

7. Membayar tagihan PNBP

Bayar tagihan melalui bank yang ditunjuk/yang bekerja sama dengan imigrasi, biasanya adalah bank BNI. Cukup serahkan kepada print kode billing ke teller dan bayar sesuai tagihan. Teller akan memberikan bukti pelunasan pembayaran, yang nantinya bukti tersebut akan kita gunakan untuk mengambil paspor. Jadi simpan baik-baik jangan sampai hilang dokumen tersebut.

8. Mengambil paspor

Paspor dapat diambil dalam waktu 3 hari kerja setelah pembayaran billing, dikantor imigrasi sesuai tempat wawacara jam 13.00 – 15.30

Semoga bermanfaat 🙂

 

Cek Lokasi Dulu Sebelum Buat Paspor :

 

 

Advertisements

8 thoughts on “8 Langkah Mudah Membuat Paspor

  1. Pingback: 6 Langkah membuat Visa UK | Abah Shofi Family

  2. Assalamualaikum, mantab niy infonya.
    Saya ngalamin bikin/urus paspor di 3 tempat berbeda, dg pengalaman yg menggemaskan hihi.
    Alkhamdulilah saat ini bikin paspor sdh sesuai aturan (lurus).

    Terimakasih ‘Bah, penjelasannya sgt berguna. Bagi yg hendak membuat pasor, ikuti saja prosedurnya, tulisan Abah ini sgt membantu.

    Liked by 1 person

  3. Pingback: 6 Langkah membuat Visa Dependant UK | Abah Shofi Family

  4. Pingback: Membuat Surat Keterangan Bebas TB | Abah Shofi Family

  5. Pingback: Suntik Vaksin Meningitis di Bandara Soekarno Hatta | Abah Shofi Family

  6. Pingback: Suntik Meningitis di Bandara Soekarno Hatta | Abah Shofi Family

  7. Pingback: Buat Paspor di Kantor Imigrasi Lebak Bulus, Cepat Nggak Pake Lama !! | Abah Shofi Family

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s