6 Langkah membuat Visa Dependant UK

Traveling ke luar negeri adalah impian tiap orang, terutama ke UK maupun Benua Eropa. Selain harus memiliki paspor yang dikeluarkan oleh bagian Imigrasi, kita juga harus memiliki visa sebagai buki ijin tinggal negara yang kita tuju. Yang saya tahu terdapat beberapa macam visa diantaranya visa student, visa dependant dan visa visitor/tourist. Berdasarkan pengalaman, berikut adalah 6 langkah/cara membuat visa UK, terutama visa dependant.

6 Langkah membuat Visa Dependant UK

 

1. Membuka website https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

Saat berencana mau membuat visa, mungkin kita berpikir membuatnya ke kedutaan besar 😀 ternyata tidak, apply visa ke UK maupun negara eropa lainnya di lakukan secara online. Langkah pertama dalam membat visa dependant UK adalah dengan mengakses ke alamat website diatas. Berdasarkan pengalaman pribadi, apply visa ke UK sangatlah mudah dan ketika itu saya apply sendiri tanpa melalui agen. Apabila menggunakan jasa agen pasti ada biaya jasanya, maklum selain dananya terbatas lebih baik digunakan untuk membeli keperluan saat keberangkatan nanti.

2. Register akun baru

Setelah mengakses halaman website, langkah berikutnya dalam membuat visa dependant UK adalah, dengan meng-klik buton register apabila belum memiliki akun sebelumnya, atau klik login apabila sudah memiliki akun. Setelah klik button register atau button login kita akan masuk ke halaman utama yang berisi form isian data pribadi.

Cara membuat Visa Dependant UK

capture saat apply visa

3. Melengkapi form isian data pribadi

Langkah berikutnya dalam membuat visa dependant UK, kita akan mengisi data pribadi sesuai dokumen asli. Data yang dibuat haruslah benar dan sama persis dengan dokumen asli, karena akan diverifikasi saat wawancara visa nantinya. Kesalahan atau perbedaan data dengan dokumen asli dapat berakibat vatal, yaitu visa kita akan ditolak dan pembayaran yang sebelumnya sudah kita lakukan tidak dapat dikembalikan.

Berdasarkan pengalaman, mengisi form isian dalam aplikasi tersebut membutuhkan waktu lebih dari 1 hari, selain karena kesibukan kerja juga harus validasi data pribadi. Jadi validasi data oleh kita sendiri sangatlah diperlukan, tidak perlu terburu-buru dalam mengisi data pribadi, yang penting data benar dan sesuai dokumen asli.

Cara membuat Visa Dependant UK

List Data

4. Membayar Application Fee dan IHS

membuat visa ternyata tdak semurah membuat paspor yang cuma Rp. 355.000, ya paling tidak kita harus siap menguras tabungan :D, pengalamann sebelumnya pembayaran visa ada 2 kali yaitu saat membayar visa application fee dan Immigration Health Surchage (IHS). Kalo ditotal bisa buat beli motor 1 kira-kira. Jadi penasaran, bagaimana dengan orang luar yang datang ke indonesia, apa segitu mahalnya yahh ? 😀

Cara membuat Visa Dependant UK

Biaya IHS

Cara membuat Visa Dependant UK

Biaya Visa Application Fee

5. Memilih jadwal untuk verifikasi berkas dan wawancara

Setelah melengkapi form isian dan membayar visa application fee dan Immigration Health Surchage ( IHS ), langkah berikutnya dalam membuat visa dependant UK adalah masuk ke halaman untuk Memilih jadwal untuk verifikasi berkas, wawancara, foto dan biometric. jadwal yang akan kita pilih sangat spesifik mulai dari tanggal/hari dan jam. Pastikan kita memilih jadwal yang available bagi kita, karena butuh proses lagi apabila kita mau membatalkan atau mengubah jadwal.

Saat veifikasi berkas, kita harus membawa semua dokumen asli yang dapat mendukung aplikasi. Dokumen yang wajib di bawa antara lain Paspor, sertifikat bebas TB, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP, Akta Nikah, dan dokumen asli lainnya yang mendukung.

Lokasi verifikasi dan wawancara untuk wilayah jakarta setahu saya hanya di VFS Global yang berada di Kuningan City Jakarta Selatan. Silahkan browsing untuk lokasi detailnya.

Cara membuat Visa Dependant UK

saat di VFS Global

Saat verifikasi berkas dan wawancara ini kita dapat meminta fasilitas priority, untuk mempercepat proses visa. Dan terdapat biaya (resmi) apabila kita mau menggunakan fasilitas ini. Visa akan jadi dalam 3 – 5 hari kerja, apabila menggunakan non priority, membutuhkan waktu lebih dari 2 minggu. Jadi apabila mau buru-buru dapat menggunakan fasilitas priority.

Cara membuat Visa Dependant UK

memilih jadwal verifikasi berkas dan wawancara

Cara membuat Visa Dependant UK

Biaya jasa priority

6. Mengambil Visa

Langkah terakhir dalam membuat visa dependant UK adalah mengambil Visa dependant. Sebelum kita mengambil visa, biasanya kita akan diberitahukan perkembangan aplikasi visa kita melalui SMS atau pun email pribadi. Segera kita ambil, sambil berharap mudah-mudahan visa kita tidak di tolak. Batas penggunaan visa biasanya 1 bulan, jadi apabila dalam 1 bulan belum berangkat maka visa dianggap expired. Jadi saya sarankan langsung hunting tiket murah untuk jadwal keberangkatan 1 bulan kedepan.

Mohon maaf apabila kurang lengkap, maklum dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat 😀

Konser musik jalanan di kota York, England

Lokasi VFS Global di Kuningan City :

Advertisements

15 thoughts on “6 Langkah membuat Visa Dependant UK

  1. Pingback: Membuat Surat Keterangan Bebas TB | Abah Shofi Family

  2. Pingback: Suntik Vaksin Meningitis di Klinik kesehatan Bandara | Abah Shofi Family

  3. Pingback: Deposit Visa Dependant UK | Abah Shofi Family

  4. Pingback: Catatan Perjalanan Jakarta – Manchester | Abah Shofi Family

  5. blog yang sering baca dan tilak-tilik…rencana mau nyusul suami juga ke UK…
    jd nagntongin visa dulu baru pesen tiket ya ..woke..haduu biayanya bikin deg2an yahhh
    salam kenal ya mbak nina dan abah shofi.. (sy juga pegawai DJP)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s